Provinsi ke-34 Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb.

   Ada berapa provinsi di Indonesia? Jangan menjawab 33 provinsi lagi. Admin yang baru mencari artikel menarik terkejut melihat kolom peristiwa terkini di Wikipedia Indonesia. Karena Sulawesi Barat sudah tak lagi menjadi provinsi termuda di Indonesia sebab lahir provinsi baru beberapa hari ini. Apa namanya...??? 



   Kalimantan Utara, sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur.

   Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia, resmi menjadi provinsi melalui sebuah undang-undang yang disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012. Infrastruktur pemerintahan Kalimantan Utara masih dalam proses persiapan yang direncanakan akan berlangsung paling lama dalam 1 tahun.

   Dalam sejarahnya negeri-negeri di bagian utara pulau Kalimantan, yang meliputi Sabah, Sarawak, Brunei dan Kalimantan Timur bagian Utara (= Karasikan), adalah wilayah pengaruh Kesultanan Brunei dan Kesultanan Sulu. Raja pertama dari Kesultanan Bulungan yang berada di Kalimantan Timur bagian utara berasal dari Brunei. Namun pada masa Hindu wilayah utara Kalimantan Timur hingga sebagian Sabah merupakan bekas wilayah Berau.
  
   Kalimantan Utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan. Daerah Kesultanan Bulungan merupakan bekas daerah milik Kerajaan Berau yang melepaskan diri. Kerajaan Berau menurut Hikayat Banjar termasuk dalam pengaruh mandala Kesultanan Banjar sejak zaman dahulu kala, ketika Kesultanan Banjar masih bernama Kerajaan Negara Dipa/Kerajaan Negara Daha. Dalam tahun 1853, Bulungan sudah dimasukkan dalam wilayah pengaruh Belanda. Sampai tahun 1850, Bulungan/Kaltara berada di bawah Kesultanan Sulu. Pada tanggal 13 Agustus 1787, Kesultanan Banjar beserta vazal-vazalnya di Kalimantan jatuh menjadi daerah protektorat VOC Belanda, maka Kompeni Belanda membuat batas-batas wilayah di Borneo berdasarkan batas-batas klaim Kesultanan Banjar yaitu wilayah paling barat adalah Sintang dan wilayah paling timur adalah Berau (termasuk Bulungan & Tidung). Sesuai peta Hindia Belanda tahun 1878 saat itu menunjukkan posisi perbatasan jauh lebih ke utara dari perbatasan Kaltim-Sabah hari ini, karena mencakupi semua perkampungan suku Tidung yang ada di wilayah Tawau.

   Proses pemekaran Kalimantan Utara menjadi suatu provinsi terpisah dari Kalimantan Timur telah dimulai pada tahun 2000-an. Setelah melalui proses panjang, pembentukan provinsi Kalimantan Utara akhirnya disetujui dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012.
  
Pada saat dibentuknya, wilayah Kalimantan Utara dibagi menjadi 5 wilayah administrasi, yang terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten, yaitu:
  • Kota Tarakan
  • Kabupaten Bulungan
  • Kabupaten Malinau
  • Kabupaten Nunukan
  • Kabupaten Tana Tidung
 Seluruh wilayah ini sebelumnya merupakan wilayah Kalimantan Timur.



Wassalamualaikum Wr. Wb.

7 komentar

wah makasih sob atas informasinya :D ,,, jangan lupa kunjungi blog saya ya :D

Reply

terima kasih atas info nya gan
,.. mampir balik ya ;)

Reply

makasih banget nih atas infonya ::)

Comment back, http://riev-bapo.blogspot.com

Reply

Mantap Informasinya gan, menambah ilmu pengetahuan.

salam *RBN*
http://www.netterku.com

Reply

makasih infonya, Gan...

Reply

sangat bermanfaat gan, terimakasih... semoga benar semua isi artikelnya...

Reply

thank sobbb infonya

Reply

Posting Komentar